Notification

×

Kode Iklan Disini

Kode Iklan Disini

Setelah viral, Cyla Atlet senam berprestasi asal Depok, Akhirnya lolos PPDB 2024. Begini Kronologinya.

Jumat, 05 Juli 2024 | Juli 05, 2024 WIB Last Updated 2024-07-04T18:30:00Z

Atlet senam berprestasi asal Depok, Cyla (12) akhirnya mendapatkan kesempatan bersekolah, meski sempat dinyatakan tidak lolos dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2024





Depok, laporkanupdate24, -




Atlet senam berprestasi asal Depok, Cyla (12) akhirnya mendapatkan kesempatan bersekolah, meski sempat dinyatakan tidak lolos dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2024 di SMP Negeri 3 Kota Depok.



Setelah viral, SMP Negeri 3 Kota Depok akhirnya menerima Cyla sebagai peserta didik baru untuk tahun ajaran 2024/2025.



Kepada Awak Media, Kartika Anindita, orang tua Cyla dengan gamblang menceritakan awal mula pihak sekolah kembali menerima sang anak sebagai murid. 



Orang Tua Cyla Dipanggil Pihak Sekolah SMP 3 Depok



Tepatnya pada Selasa (2/7/2024), perwakilan sekolah meminta Kartika datang ke sekolah untuk menjelaskan permasalahan Cyla.



"Saat itu saya bertemu wakil bidang kurikulumnya langsung. Kami diterima dengan baik sih. Terus pada awal audiensi itu mereka jelaskan tuh proses PPDB-nya itu kenapa sampai Cyla awalnya tidak lolos," ucap Kartika. Rabu (3/7/2024).



Pihak sekolah awalnya menjelaskan, tidak diterimanya Cyla, lantaran cabor senam yang digelutinya tidak memiliki kompetisi berjenjang lagi pada tingkat SMP dan SMA. 



Terutama untuk kompetisi yang berada di bawah naungan Kemendikbudristek.



Dengan alasan itu lah, Cyla tidak dilirik meski memiliki poin sertifikat tertinggi dalam PPDB 2024 jalur prestasi di SMP Negeri 3 Depok.



"Namun, sekolah akhirnya kembali meminta penjelasan dari kami orang tua, apakah Cyla memang punya keinginan yang kuat untuk bersekolah di SMP Negeri 3, dan saya jawab Cyla memang sangat ingin sekolah di sana, terlepas dari konsekuensi yang nanti muncul," ulasnya.



Cyla Akhirnya Masuk Sekolah SMP 3 Depok 



Singkat cerita, Cyla pun mendapat lampu hijau dari sekolah untuk kembali mendaftar ke SMP Negeri 3 Kota Depok dengan melengkapi berkas-berkas yang ada.


Pertimbangan sekolah untuk menerima Cyla tak lain, karena prestasi membanggakan yang sempat ia torehkan, ditambah keinginan kuat sang anak untuk sekolah di sana.



Perlu diingat, Cyla sempat menjuarai Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Sekolah Dasar tingkat Provinsi. Cyla yang mewakili Depok saat itu keluar sebagai pesenam terbaik.



Di hari itu juga, Kartika dan suaminya langsung bergegas menyiapkan berkas-berkas yang diminta sekolah untuk mendaftarkan kembali Cyla sebagai murid SMP Negeri 3 Kota Depok.



"Alhamdulillah di hari itu juga, saya mendapat kepastian kalau Cyla bisa diterima dengan syarat melengkapi berkas-berkas yang mereka minta. Kami diberitahu, Cyla diterima disekolah dengan jalur non-akademik karena prestasi yang dia miliki," ucap Kartika.



"Sekolah juga menegaskan ke kami saat itu bahwa Cyla tak perlu mencari sekolah lagi karena Insha Allah sudah pasti diterima di SMP Negeri 3 Kota Depok," ujarnya. 



Setelah diterima di sekolah impiannya, Cyla berdasarkan cerita yang disampaikan Kartika sangat terharu sekaligus bahagia. Cyla tidak menyangka hal ini bisa terjadi. 



Kartika sebagai ibu sangat sadar bahwa dengan kekuatan doa, Allah bukakan jalan untuk Cyla bisa menuntut ilmu setelah drama PPDB yang sangat melelahkan itu. 


"Jadi pada akhirnya memang apa yang menjadi doa dan mimpinya dia ya terkabul gitu. Dia bingung kalau ditanya sama orang, sekolah di mana? Apalagi 90 persen temennya tuh rata-rata udah dapat sekolah, dia kalau ditanya sekolah di mana enggak tahu, dia begitu nanti aja lah, lihat nanti deh gitu. Jadi memang agak ada beban dikit dari Cyla," ujarnya. 



Daftar Prestasi Cyla 


* Juara 1 Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Cabang Olahraga Senam Tingkat Kecamatan Cimanggis tahun 2023. 


Penyelenggara: Kemendikbud



* Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Cabang Olahraga Senam Tingkat Kota tahun 2023: 


Juara 1 Perorangan Lantai


Juara 1 Perorangan Balok Keseimbangan


Juara 2 Perorangan Meja Lompat


Juara 1 Perorangan Serba Bisa.



Penyelenggara: Kemendikbud



* Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Cabang Olahraga Senam Tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2023:


Juara 1 Perorangan Balok Keseimbangan


Juara 2 Perorangan Serba Bisa


Penyelenggara: Kemendikbud




* Gymnastic Jakarta Open 2023:



Juara 3 Perorangan Balok Keseimbangan Senam Artistik Putri Level 4



Juara 3 Beregu Senam Artistik Putri Level 4


Penyelenggara: Dispora Jakarta



Kejuaraan Daerah Senam Jawa Barat 2023:

Juara 2 Perorangan Balok Keseimbangan Artistik Putri



Juara 2 Beregu Artistik Putri


Penyelenggara: Persani Jawa Barat



* Gymnastic Jakarta Open 2024:



Juara 3 Senam Artistik - NDP Level 6 (Open)/Beregu


Penyelenggara: Dispora Jakarta.






****Red

×
               
         
close